Follow my tweets on twitter!

Pages

Senin, 16 Maret 2015

Perasaan Gue Terhadap Lalu Lintas Banjarmasin

Entah kenapa malam-malam mau bahas ginian, mungkin karena biasa lagi galau gue suka kemana-mana pikirannya. Sampai-sampai lalu lintas juga tiba-tiba jadi pikiran.

Sebenernya yang lebih spesipik di sini gue mau sedikit curhat tentang yang dinamakan "Taksi Hulu Sungai" Kalo orang Banjar atau yang tinggalnya di KalSel mungkin udah tau kan apa itu taksi hulu sungai. Kalo orang yang belum pernah ke sini mungkin mikirnya itu adalah taksi yang biasa pakai argo? Haha.. Prets. Salah besar! Atau mungkin malah mikirnya Taksinya ada di sungai?

Gue jelasin..
Taksi di sini adalah angkot. Iya, angkot yang warnanya biasanya ijo, dan kalo taksi hulu sungai itu yang warnanya putih. Disebut taksi hulu sungai karena mungkin jurusannya adalah PP dari daerah hulu sungai (Kab.Tapin) ke Banjar.

banjarmasin.tribunnews.com


Terus kenapa gue mau curhat tentang taksi jenis ini?

Karena eh karena, ceritanya kemaren gue abis dari Banjarbaru mau balik ke Pengaron, kampung gue. Nah, pas di jalan, ada berapa kali yaks gue hampir nyungsep ke sawah gara-gara disalip taksi ini, padahal gue udah ngambil jalan paling pinggir biar aman dan selow. Taksi putih ini emang raja jalanan banget, gak mau tau lagi hujan atau pun bersalju, tetep aja dia ngebut.
Ya.. Ya.. Gue ngerti para paman-paman supir cuma mau cepet sampai karena jarak yang lumayan jauh, tapi gak gitu juga. Gue rasa para supir taksi hulu sungai ini menganut prinsip "Cepat sampai yang utama, keselamatan nomer dua!" Waja sampai ka puting!(?)

Jalanan di KalSel emang gak pernah macet-macetan, paling pas tahun baruan doang yang macet. Mankanya disini orang doyan ngebut. Apalagi kalo udah memasuki daerah Kabupaten Tapin, Taksi Hulu Sungai maupun kendaraan pribadi sama-sama saingan, gak kalah saing juga buat mobil perusahaan sama truk. Fyuhhh..!

Bukannya mau sombong, tapi dari kecil sampai sekarang gue cuma pernah naik angkot sekali itu pun yang warna ijo. Dari dulu udah terbiasa naik motor, jadinya cepet mavok kalo naik kendaraan roda empat. Kebayang gimana gue kalo dimasukin ke dalam taksi hulu sungai ini?

Belum lagi klakson maut yang siap dibunyikan setiap detik, walaupun ini taksi gak bisa nyalip, karena jalanan penuh dia tetep klakson sebanyak mungkin, juga masalah nge-rem mendadak. Duhh!! Rasanya pengen gue bikinin jalan khusus angkutan umum di bawah tanah, tapi yang ada jalan bawah tanahnya jadi penuh air

Pusing sama semrawutnya jalanan darat, gue jadi teringat sama waktu jaman gue kecil Ketika belum banyak orang yang punya kendaraan, setiap hari di sungai selalu ada lalu-lalang perahu mesin (kelotok) buat transportasi, sekarang mah sungai-nya aja udah gak kece lagi!   

2 komentar: