Follow my tweets on twitter!

Pages

Jumat, 06 Februari 2015

Pengen Jadi Bolang Lagi (Air Terjun Di Desa Maniapun)

Kalian pasti pernah nonton acara Si Bolang (Bocah Petualang) di Tv, kan?

Dulu, dari kecil gue kerjaannya ya kaya anak-anak desa persis kaya di acara itu, jelajahin sungai, masuk hutan (meskipun cuman hutan belakang rumah), nyari-nyari tanaman aneh. Sampai waktu jaman SMA, gue sama temen-temen juga sering nge-bolang ke tempat-tempat kaya air terjun, gunung-gunung kecil, atau tambang batubara yang tempatnya masih berada dalam jarak yang bisa ditempuh dengan naik motor.

Sekarang, gue ingat-ingat kurang lebih udah 3 tahun gue hampir kagak pernah jalan-jalan lagi ke alam selain kemarin sempat naik gunung di TAHURA dan ke tempat wisata Bendungan Riam Kanan Martapura. Menyedihkan, hidup gue selama 3 tahun cuman habis karu-karuan kuliah yang nyebelin dan bikin stress. Satu hal yang perlu elo ingat kalo mau masuk Kebidanan, lupakan jalan-jalan. (Hanya mahasiswa kebidanan yang mengerti).

Sekarang gue kangen air terjun yang ada di sebelah desa gue, tepatnya di Desa Maniapun yang letaknya di atas bukit dibelakang rumah gue, sekitar 2,5 jam dari Banjarmasin . Dulu kita sering ke sana pas hari minggu.

Dari desa gue ke Maniapun kita bisa naik motor karena jalannya udah pakai aspal. Dari desa Maniapun menuju air terjun juga masih bisa pakai motor dengan jarak tempuh sekitar 20 menit-an.  Sedangkan jalan menuju tempat air terjun ini kita harus masuk hutan dan melalui jalan setapak sekitar 1 jam jalan kaki (gempor). Karena dari luar gak bisa pakai motor, pakai motor trail pun perlu tenaga ekstra dan gak bisa boncengan kecuali mau maksa motor bebek biasa resikonya jatoh karena licin dan motor jadi rusak. Kalo musim hujan jalannya becek minta ampun dan kalo musim panas/kering air terjunnya kurang bagus. Medannya bener-bener susah, kadang ada jalan yang hampir 90 derajat menanjak dan akar-akar pohon dan kadang ada monyet liar hitam yang kita sebut Irangan yang parahnya suka ngejar-ngejar. Hiii!

Tapi dibalik perjuangan yang lumayan ini, air terjunnya worth banget, dari jarak 30 menit sudah bisa terdengar suara gemuruh air-nya. Air terjun-nya gak tinggi, mungkin cuma 30 meter 45 derajat (apasih maksudnya?).

Kalo mau ke sana, musti banget bawa temen minimal 5 kalo campuran cowok-cewek, kalo cowok/cewek doang sih gak papa. Pasalnya tempatnya agak horor yang konon katanya 'penunggunya' berbadan besar kali, juga kadang penduduk suka ngawasin, ya tujuannya baik sih, takutnya (atau mungkin udah pernah) ditempat itu dijadikan tempat bermesum ria.

Ini beberapa fotonya, maafkan karena pengambilannya asal banget, maklum dulu gak ngerti cara ngambil gambar dan cuma pakek hape murah.


Ini dibagian paling atas, waktu musim kering airnya dikit banget.


Ini bagian atas waktu musim hujan. Efek cahaya mataharinya bok.. *Mohon abaikan pose norak ini

Ini bagian setengah turun, dipikir-pikir sekarang ngeri juga dulu gak mikir bahaya padahal semuanya bebatuan besar dan kalo tergelincir habislah sudah badan gelinding ke bawah.


 Ini bagian paling bawah.

Dari sini, mengalir lagi ke sungai yang cukup tinggi buat terjun.

 kaya tirai air, hehe..

Terakhir ini foto keseluruhan, gak terlalu jelas. Ada yang aneh disini, liat lingkaran merah.  

Sekarang gue pengen kesana lagi, tapi gak ada temen secara temen-temen gue jaman esem'a udah pada merid dan punya anak, yang belum pun entah kemana.


3 komentar:

  1. Mudah2an jalan menuju kesana bisa pakai motor.

    BalasHapus
  2. Mudah2an jalan menuju kesana bisa pakai motor.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bukan matic mungkin bisa pas bukan musim hujan

      Hapus