Follow my tweets on twitter!

Pages

Selasa, 03 Februari 2015

Hati-hati Scammeromance Bule


Sebenernya sih ini cuma sok tau-nya gue aja dari pengalaman pribadi dan hasil iseng-iseng googling, gue sering liat kasus korban Scammer. Kasian plus miris, ternyata masih banyak orang yang lugu masalah begini..

Atau malah mungkin ada yang belum tau scammer itu apa? Jadi, scammer adalah penipuan online melalui internet biasa disebut dengan scam, dan pelakunya dinamakan scammer. Sedangkan yang gue bilang Scammeromance ini adalah bule penipu berkedok pemburu cinta. #eaa


Pernah gak loe pada dapat inbox entah itu di MedSos atau di email yang isinya bule ngajak kenalan pakai bahasa Inggris (yaiyalah bule pakai bahasa Inggris masa bahasa sunda, itu Sule keleuss). Biasanya tulisan ngajak kenalannya itu yang formal banget gitu..

Contoh :




Pernah ketemu pesan kaya gitu?

Kalo kata gue sih, mending langsung Report Abuse atau block aja.
tapi, 
Kalo yang masih lugu atau gak tau dunia persilatan maya *apesih gajelas. Mungkin nanggepin terus kenalan dan keterusan jadinya UUD, alias ujung-ujungnya Duit. Ujung-ujungnya duit gimana maksudnya?


Biasanya biar kita gak curiga, mereka bikin akun make foto bule yang kece badai, nulis data-data palsu, dan pura-pura punya kerjaan tetap atau punya bisnis sendiri. Mereka ngajak kenalan terus ngontak calon korban pelan-pelan sampai akrab. Terus ngehubungin korban lewat E-Mail atau SMS, bahkan komunikasi lewat telepon. Bule penipu ini gak main-main, mereka bisa ngabisin waktu berminggu-minggu sampai berbulan-bulan biar kesannya serius. Nah, pas si korban yang lugu udah masuk perangkap rayuan gombal si bule dan percaya banget sama pacar dunia maya ini, mulai lah mereka cari-cari alasan buat minta kirimin duit. Alasannya klasik, mulai dari sakit, kecelakaan dan gak ada keluarga, perlu dana bisnis, ngirim hadiah atau duit terus hadiahnya katanya tertahan dibagian custom imigrasi jadi kita harus transfer duit biar barang bisa lolos, dah gitu biar lebih meyakinkan bakal ada yang nelpon ngaku dari bagian custom Imigrasi. Banyak lagi lah alasan lainnya.

Udah banyak yang kena tipu bahkan sampai ratusan juta loh.

Biasanya korban kebanyakan kaya gini:

1. Kebanyakan cewe, ya gak nutup kemungkinan cowok juga banyak, tapi kebanyakan sih kalo cowok kena tipu ama Cream 360. :p

2. Cewe-cewe lugu yang gampang dirayu dan gampang ge-er. Yang ini juga biasanya jadi mangsa tukang PHP yang berasal gak jauh yaitu Indonesia juga, atau bahkan kenalan sendiri.

3. Cewe-cewe yang ngebet pengen merid tapi belom ade kecengan, lah pas ada yang ngerayu langsung berbunga-bunga.

4.Cewe yang pengen punya kenalan bule atau pasangan bule.


Kebanyakan pelakunya ini orang Nigeria, makanya kalo googling kata "Nigerian" pasti urutan scammer banyak banget. Yang pastinya pelaku juga sekongkol sama orang yang ada di Indonesia buat ngelancarin aksi.
#Gak semua orang Nigeria juga kelakuannya gini, jangan jadi parno. Toh gak semua Slytherin jahat misalnya Prof. Snape. :D

pokoknya hati-hati aja lah, jangan gampang dirayu jangan gampang percaya baik sama yang udah kenal apalagi orang asing.
Gue pernah ditawarin dikirimin Laptop sama orang Pakistan, buset tuh cowok pakistan guantenngg bangett.. tapi ini sih gue kenalnya di jaman Mig33 dan udah lama banget kenal, yakin kayanya doi itu asli soalnya fotonya banyak, keseharian dan tiap dia update status juga banyak yang komen. Tapi gue tetep waspada dan gak percaya lah. Lagian walau pun dia minta kirimin duit ama gue juga gak bakal gue kasih. Secara duit itu udah kaya penghargaan Oscar dan gue Leonardo Dicaprio. #LOL

Dengan becanda gue tanyain deh...
"Loe scammer ya? Wah, parah lo mau nipu gue pake nawarin laptop lagi, ntar pasti ujung-ujungnya lo minta kirimin duit kan?" Eh dia ketawa, 

"Hahaha.. Gue becanda bro, gue cuman mau ngetest elu. Hehehe.."

Lah, siapa tau kalo misalnya gue mau dikirimin ya dilanjutin aja aksinya, hewww..

Akhirnya gue block juga sih itu orang Pakistan soalnya gue bete dia kerjaannya ngerayu mulu. Gue tuh orangnya gak suka dirayu. #eaa

BTW, usut punya usut, kebanyakan laki-laki orang Pakistan emang hobi ngegombal dan ngajak nikah dan ngomong bullshit. sama orang India juga, dan yang paling nyebelin adalah "they don't understand rejection" *eh kok jadi ngeghibah #selfkeplak

Tips dari gue sih, kalo mau punya kenalan orang LN di dumay, mending cari yang awalannya udah nge-slang jangan yang bahasanya resmi karena biasanya itu template doang.

Ngomongin bule slang (curcol dikit) gue jadi kangen Kepin bule Irlandia yang tinggal di Texas, gue kenal di Omegle, gue percaya ni anak bukan scammer soalnya dari awal aja dah ngaku kalo dia tukang mavok alias alcoholic. *Khas orang Irlandia banget. Dah lama gak kontak sejak hp gue berat dan aplikasi KiK gw males download lagi. Kalo ngobrol juga gak jauh-jauh soal film, atau musik atau curhat doang gitu lah.


Ya udah deh, nanti kepanjangan posting, mending ada yang baca.

babayyyy..

P.S : Ingat, kebanyakan pelaku emang bule, tapi hati-hati juga sama yang di Indonesia sendiri.

Img Src : Google Image

Tidak ada komentar:

Posting Komentar