Follow my tweets on twitter!

Pages

Sabtu, 21 Maret 2015

Karena Kita Tidak Pernah Berjalan Dalam Sepatu Mereka


Sebenarnya udah lama gue pengen nulis tentang ini, cuma kelupaan terus.

Awalnya karena gue kenal orang yang bermasalah dengan self-harming. Bagi yang belum tau, Self-harming adalah perilaku menyakiti diri sendiri dengan cara seperti cutting, bahasa kerennya nyilet. Banyak orang yang mungkin nganggep orang nyilet ini sebagai cari perhatian doang dan buat keren-kerenan. Tapi ini masalah serius, pelaku merasa dengan sakit yang mereka ciptakan ditubuh mereka, sakit emosional bisa teredam. Jadinya mereka addicted bahkan sampai bertahun-tahun.

Pas gue tanya kenapa dia melakukan itu, jawabanya:

- Karena dia sering dibully, dibilang gendut, item, jelek, dan gak pantes.

Ah masa gara-gara diledekin gitu doang sampai nyakitin diri sendiri. Well.. Lo gak akan ngerti sampai lo ngalamin sendiri gimana sakit hatinya dijadiin bahan becandaan secara fisik.
Persoalan gini emang sering dianggap remeh karena mereka yang cuma menyaksikan gak ngerasa.

Kalo kata pepatah Banjar, "Urang lain cuma sahibar mamandang, kita jua nang manyandang. "

Saat kalian bilang "Ah, kita kan cuma becanda." Sebenarnya becandaan kalian gak lucu sama sekali.

Gue sendiri udah sering ngalamin begini, karena gue sekarang gendut, gue sering dijadiin bahan becandaan. Gue ikut ketawa, tapi sebenarnya jauh dalam lubuk hati paling dalam gue merasa sakit hati. Kalo gak percaya lo tanyain aja ke orang gendut, mereka benar-benar senang, kah, saat diketawain?

Saat kalian bilang "ya ampun, gendutan banget sekarang" kita hanya bisa tertawa kecut. Parahnya lagi ada yang begok nanya "Makan apa sih kok bisa begini??" MENURUT NGANA?

Bahkan karena gue bosan digituin, gue males kumpul sama orang banyak.

Gue pengen banget deh pindah ke Jepang, karena konon katanya, membahas perihal berat badan seseorang adalah hal yang tidak sopan di sana. hahaha..

Untungnya, karena sering diledekin gendut, gue larinya ke pembuktian diri. Gue bakal buktiin gue bisa kurus lagi kayak dulu kala, gue juga bakal bisa makai baju-baju bagus seperti kalian wahai Skinny bitches!

Tapi gimana sama mereka yang akhirnya jadi down dan membenci diri mereka sendiri ketika melihat cermin? Percaya diri-nya runtuh? Merasa gak pantes dilingkungan?

Ya jadinya kaya kenalan gue ini, menghukum diri sendiri, merasa gak ada yang bisa menerima dia. Karena dia merasa putus asa atau depresi untuk meminta bantuan dan menerima bantuan untuk keluar dari perasaan sakit hati. Akhirnya mengekpresikan rasa sakit hati dengan nyakitin badan.

"I just need to feel pain" She said.



Kalimat yang gak berguna dan hanya memperburuk keadaan bagi mereka adalah..

"Ya elahh.. Kaya gitu doang nangis-nangis, kaya gitu doang nyakitin diri."

"Jangan nyakitin diri sendiri, gak ada gunanya!"

atau

 "Ngapain sih cutting? Gak nyelesain masalah."

Jadi daripada ngeluarin kata-kata gak berguna, kasih mereka dukungan buat berubah, yakinin kalo mereka juga berharga, bahwa mereka juga sama pentingnya kayak yang lain.
Kalo kalian gak bisa merubah keadaan, mending diam ajalah daripada melontarkan kata-kata yang menyakiti orang lain.

Janga anggap remeh masalah orang lain, karena kita tidak pernah berjalan dalam sepatu mereka.









2 komentar:

  1. Bener tuh. Gue sih biasanya begitu kalo lagi patah hati. Dan biasanya bukan tangan yang gue silet. Tapi jeruk nipis, biar antimainstrem..

    azizkerenbanget.blogspot.com

    BalasHapus
  2. bener kasian kalau harus nyakitin diri sendiri lebih baik ngasih dukungan supaya bisa dijadikan motivasi :)

    BalasHapus